Tahun 80'an kita diingatkan film-film fiksi yg menggambarkan mobil terbang. Sejak itu para desainer mulai berupaya untuk membuat mobil yg dapat terbang ke angkasa dengan misalnya hanya dengan menekan satu tombol di dalam mobil - seperti dalam film-film itu.
Dan sekarang pilot-pilot yg terlatih sudah bisa mulai memesan mobil terbang, namanya Terrafugia Transition, pesawat yg bisa berubah menjadi mobil jalanan. Harganya £127.000 (kisaran 2 milyar). Jika semua berjalan sesuai rencana, akhir tahun 2010 barang sudah diantar.
Pesawat berjenis 'light sport' ini dijanjikan memiliki fleksibilitas dan kenyamanan tinggi untuk diterbangkan.
Pesawat ini, yg panjang sayapnya 27,5ft saat dibentangkan, mempunyai daya jelajah hingga 460 mil dan dapat terbang pada kecepatan 115km/jam.
Saat dioperasikan sebagai mobil, pesawat ini bisa dikendarai di jalan raya atau jalan tol layaknya mobil biasa.
Mengisi bahan bakar pesawat tidak pernah sesimpel ini - cukup pergi pom bensin biasa terdekat dan isi bensin!
Mesinnya Rotax 912S, mempunyai daya 100 hp, merupakan mesin berjenis 4-tak.
Juru bicara untuk para desainer Terrafugia, berpusat di Woburn, Massachusetts, Amerika Serikat, berkata: "Anda dapat memarkirnya di garasi rumah!"
"Lalu sederhana saja, Anda tinggal hidupkan mesinnya dan pergi ke airport lokal terdekat, lalu terbang hingga jarak 460 mil, mendarat, "ganti baju" sebentar, dan jalan lagi ke tujuan."
"Anda akan selalu siap terbang atau berkendara kapan saja"
Untuk merubah dari pesawat menjadi mobil jalanan tidaklah susah, hanya dengan instruksi-instruksi sederhana dari tombol di kokpitnya.
Hanya saja sayapnya cuma bisa dibentangkan dari posisi terlipatnya oleh seseorang dengan lisensi pilot saja.
Tidak seperti konsep-konsep mobil terbang lainnya yg kebanyakan take-off secara vertikal, yg satu ini membutuhkan runway pendek untuk membuatnya bisa mengangkasa.
Juru bicara itu menambahkan: "Perjalanan Anda tidak akan lagi mempertanyakan cuaca yg bisa saja membuat batal atau membahayakan perjalanan."
"Anda tinggal memutuskan untuk mengendarainya di jalanan layaknya mobil sampai cuaca memungkinkan."
Kalau Anda tidak sabar ingin memilikinya atau takut kehabisan stok bisa membayar deposit dulu sebesar £6.500 (sekitar 120 juta).
Di websitenya, Terrafugia.com, disebutkan "Jika Anda sudah menaruh deposit untuk memesannya, tidak saja Anda akan segera memiliki mobil terbang, tapi juga bukti bahwa komunitas pilot saat ini telah siap untuk mengubah mimpinya menjadi kenyataan."
"Tidak ada ruginya, hanya kesempatan untuk menjadi yg pertama di rumah anda untuk membentangkan sayapnya dan terbang ke masa depan."
"Jadual produksi sudah mulai penuh dengan cepat"
So, tunggu apalagi ? Pesen satu dan jadilah yg pertama mengendarainya! Ngueeeng...
[Mobil Uap - Joseph Cugnot] Kendaraan pertama yang menggunakan tenaga
mesin uap dibuat pada akhir abad 18. Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses
mendemonstrasikan kendaraan tersebut pada tahun 1769. Peningkatan mesin
uap paling dikenal dikembangkan di Birmingham, Inggris oleh Lunar
Society. Di Birmingham pun mobil tenaga bensin pertama kali dibuat di
Britania pada tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester. Paten mobil
pertama di Amerika Serikat diberikan kepada Oliver Evans pada 1789. Pada
tahun 1804 Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya di AS, yang juga
merupakan kendaraan amfibi pertama yang kendaraan tenaga-uapnya sanggup
jalan di darat menggunakan roda dan di air menggunakan roda padel.
.:[Close][Klik 2x]:.
Nikolaus August Otto adalah penemu Jerman yang pada tahun 1876
menciptakan mesin dengan empat dorongan pembakaran. Pembakaran bagian
dalam mesin merupakan suatu hasil pemikiran yang cermat dan ini dipakai
untuk penggunaan dalam gerakan mesin mobil. Banyak percobaan dilakukan
membuat mobil sebelum Otto menciptakan mesinnya. Beberapa penemu seperti
Siegfried Marcus (1875), Etienne Lenoir (1862) dan Nicolas Joseph
Cugnot (1769), telah berhasil membikin model yang bisa bergerak. Tetapi
berhubung kekurangan dalam mengkombinasikan antara keringanan dan
kecepatan, tak satu pun model itu punya arti praktis untuk digunakan.
[Mesin 4 Tak Otto] Dalam jangka waktu lima belas tahun sejak Otto
menciptakan mesin dengan empat dorongan pembakaran, dua penemu yang
berbeda-beda, Karl Benz dan Gottlieb Daimler, masing-masing secara
tersendiri membuat mobil yang praktis dan laku di pasar. Tetapi jelas,
berjuta-juta mobil di abad lalu 99% menggunakan mesin dengan empat
dorongan pembakaran. Umumnya mobil pertama mesin pembakaran dalam yang
menggunakan bensin dibuat hampir bersamaan pada 1886 oleh penemu Jerman
yang bekerja secara terpisah. Carl Benz pada 3 Juli 1886 di Mannheim dan
Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart. Mesin Otto digunakan
oleh pelopor mobil Gottlieb Daimler dan Karl Benz.
Gottlieb Wilhelm Daimler
Gottlieb Wilhelm Daimler yang terlahir tanggal 17 Maret 1834 adalah
seorang insinyur Jerman yang membuat mobil pertama (bersama dengan Carl
Friedrich Benz). Pada tahun 1882 Gottlieb Daimler memisahkan diri dari
perusahaan karena dia mengambil keputusan mau memprodusir mesin untuk
sepeda. Menjelang tahun 1883 dia berhasil menciptakan mesin dengan
sistem pembakaran sempurna yang mampu menggerakkan mesin dengan
kecepatan putaran 700-900 per menit.
[Daimler Car - www.daimler.co.uk] Daimler berusaha mati-matian membuat
mesin untuk sepeda yang berarti sepeda motor pertama di dunia. Tahun
berikutnya Daimler membuat mobil roda empatnya yang pertama. Tak
dinyana, Karl Benz menggebraknya bikin mobil beroda tiga beberapa bulan
mendahuluinya. Mobil Benz, seperti halnya Daimler, digerakkan oleh mesin
versi Otto. Gottlieb Daimler mulai memasarkan mobilnya sedikit lebih
belakang dari Benz dan dia pun sukses.
Pada tahun 1890 ia mendirikan Daimler Motoren Gesellschaft (DMG). Mobil
Daimler pertama berkekuatan enam tenaga kuda dijual kepada Pangeran
Wales. Mobil 'Benzine Buggy" dipatenkan tahun 1895. Pada 24
tahun setelah kematian Daimler, manajemen DMG menandatangani persetujuan
kooperatif dengan Benz & Cie milik Carl Benz dan pada tahun 1926
kedua perusahaan itu bergabung membentuk Daimler-Benz AG, yang kini
bagian Daimler AG. Daimler wafat pada 6 Maret 1900 dan penemuannya yang
mendapatkan paten pertama adalah mesin empat tak (1883)
Karl Friedrich Benz
Karl Friedrich Benz yang lahir pada tanggal 25 November 1844 adalah
seorang insinyur otomobil Jerman. Umumnya ia (bersama Gottlieb Daimler
yang sezamannya) dipandang sebagai salah satu pencipta otomobil berbahan
bakar bensin. Ia juga putra seorang masinis.
[The Benz Velo - www.emercedesbenz.com] Karl Benz membikin mobil beroda
tiga, dengan tekun terus menyempurnakan mobilnya dan dalam beberapa
tahun berhasil memasarkannya. Mobil Benz dapat melaju dalam kecepatan
mesin di bawah 400 putaran per menit, ini sudah memadai untuk dianggap
mobil praktis.
Pada 1903 Benz pensiun dari Benz & Co., tapi tetap sebagai anggota
dari papan pengawas sampai kematiannya. Perusahaan Benz dan Daimler
bergabung membentuk Daimler-Benz di 1926, yang kemudian berganti nama
menjadi Mercedes-Benz. Karl Friedrich Benz meninggal di Ladenburg di
Neckar, Jerman. Pada tanggal 4 April 1929
Henry Ford
Garis-produksi skala besar pembuatan mobil harga terjangkau dilakukan
oleh Oldsmobil pada 1902 dan kemudian dikembangkan besar-besaran oleh
Henry Ford pada 1910-an. Dalam periode dari 1900 ke pertengahan 1920-an
perkembangan teknologi otomotif sangat cepat, disebabkan oleh jumlah
besar pembuat mobil kecil yang semuanya bersaing untuk meraih perhatian
dunia. Pengembangan utama termasuk penyalaan elektronik dan self-starter
elektronik (keduanya oleh Charles Kettering, untuk Perusahaan mobil
Cadillac di tahun 1910-1911), suspensi independen, dan rem empat ban.
[Ford Car - cdn.dipity.com] Pada tahun 1930-an, kebanyakan teknologi
dalam permobilan sudah diciptakan, walaupun sering diciptakan kembali di
kemudian hari dan diberikan kredit ke orang lain. Misalnya, pengemudian
roda-depan diciptakan kembali oleh Andre Citroen dalam peluncuran
Traction Avant pada 1934, meskipun teknologi ini sudah muncul beberapa
tahun sebelumnya dalam mobil yang dibuat oleh Alvis dan Cord, dan di
dalam mobil balap oleh Miller (dan mungkin telah muncul pada awal 1897).
Setelah 1930 jumlah produsen mobil berkurang drastis saat industri
saling bergabung dan matang. Sejak 1960 jumlah produsen hampir tetap dan
inovasi berkurang. Teknologi baru hanya perbaikan dari teknologi
sebelumnya. Dengam pengecualian dalam penemuan manajemen mesin yang
masuk pasaran pada 1960-an, ketika barang-barang elektronik menjadi
cukup murah untuk produksi massal dan cukup kuat untuk menangani
lingkungan yang kasar pada mobil. Dikembangkan oleh Bosch, alat
elektronik ini dapat membuat buangan mobil berkurang secara drastis
sambil meningkatkan efisiensi dan tenaga.
Email ThisBlogThis!Share to TwitterShare to Facebook
- Tokoh Ilmuwan Penemu - http://tokoh-ilmuwan-penemu.blogspot.com/2010/01/sejarah-penemuan-mobil.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar